Monday, May 23, 2016

Tips Memilih Cemilan Sehat

Kebanyakan dari Anda mudah tergoda dengan makanan ringan atau cemilan dengan warna cerah karena nampak lezat dan gurih, atau tertarik pada bentuk yang menarik, walaupun sesungguhnya makanan ringan tersebut boleh jadi tak aman atau berbahaya buat kesehatan Anda. 

cemilan-sehat-granola-wainat

Selanjutnya, bagaimana cara memilih makanan ringan yang sehat.?
Di Indonesia secara umum, makanan apapun bisa bebas didistribusikan dan dijual tanpa harus terlebih dahulu melalui kontrol kualitas dan kontrol keselamatan. Boleh jadi masih terdapat lebih dari 70 persen makanan yang dijual dipasaran masih diproduksi oleh produsen tradisional, yang di sebagian besar proses produksi masih jauh dari persyaratan kesehatan dan keselamatan, akibatnya kasus keracunan makanan semakin meningkat.
Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan ringan, karena kebanyakan makanan ringan tidak sehat untuk dikonsumsi oleh tubuh Anda. Bahan pengawet tertentu juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih makanan yang aman untuk kesehatan:

Amati warnanya, apakah mencolok atau tidak
Pertama tama yang harus Anda lakukan ialah mencermatii apakah makanan tersebut mempunyai warna cerah yang mencolok, agak berbeda dengan warna aslinya. Makanan ringan seperti kerupuk, mie, atau es krim yang memiliki warna sangat terang dan mencolok kemungkinan telah ditambahkan pewarna yang tidak aman bagi tubuh.

Cobalah sedikit sampel
Lidah biasanya cukup mampu untuk membedakan mana makanan yang aman atau dan mana makanan yang tidak aman. Terlebih dahulu usahakanlah untuk mencicipi sampel dari makanan yang akan Anda konsumsi, makanan yang termasuk kategori tidak aman biasanya berasa tajam, membuat lidah sedikit bergetar dan membuat tenggorokan menjadi gatal.

Ciumi aromanya
Coba untuk menciumi aroma dari makanan tersebut. Jika mempunyai bau basi, atau bau kecut maka makanan itu telah rusak atau sudah terkontaminasi dengan mikroorganisme.

Perhatikan komposisinya
Lihatlah dengan teliti bahan-bahan yang terkandung dalam makanan tersebut. Bisa saja mengandung bahan yang bisa mengganggu kesehatan Anda.

Perhatikan kualitas
Cermati kualitas makanan, kadang ada makanan yang telah bercampur dengan jamur yang dapat menyebabkan keracunan. Makanan yang berjamur menandakan bahwa proses pembuatannya tidak berjalan dengan baik atau makanan tersebut telah kadaluarsa.

Tidak begitu sulit untuk menentukan pilihan makanan yang aman untuk kesehatan Anda. Karena sesungguhya ada berbagai jenis makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk dijadikan cemilan atau makanan ringan di saat santai. Roti gandum dan kacang-kacangan juga dapat menjadi makanan ringan yang sehat bagi tubuh Anda. Jadi mulailah memilih makanan ringan yang sehat dengan bijak.

Salah satu pilihan cemilan sehat yang mengandung kacang-kacangan, oat, buah-buahan kering dan madu seperti makanan ringan Granola Wainat
Untuk info lebih lanjut  granolawainat@gmail.com



Filed Under :

0 comments for "Tips Memilih Cemilan Sehat"

Post a Comment

background